Monday, February 7, 2011

Kerjasama Jakarta-Rotterdam Fokus Penanggulangan Banjir


Kerjasama sister city antara Jakarta-Rotterdam pada 2011-2012 lebih memfokuskan pada program penanggulangan banjir.

"Kita akan mendapatkan masukan bagaimana negara Belanda bisa berhasil menangani banjir dengan baik," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, usai menerima kunjungan kehormatan Dubes Belanda di Balaikota, Selasa (1/2).

Hubungan erat antara Jakarta dan Rotterdam yang terjalin dalam kerjasama sister city sudah terjalin sejak 2005 lalu.

Selama periode 2005 sampai 2010, kerjasama ini hanya sebatas pada pelayanan adminsitrasi kota dan manajemen.

"Pada 7 Februari mendatang, kita akan melakukan penandatanganan MoU untuk melanjutkan kerja sama sister city antara Jakarta dan Rotterdam. Sebelumnya kita sudah melakukan kerja sama sister city periode 2008-2010. Sekarang kita lanjutkan hingga 2012," jelasnya.

Fauzi Bowo melanjutkan, sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut.

Sehingga, Belanda memiliki pengalaman dan ahli dalam manajemen air ketika menghadapi banjir dan badai.

Bang Fauzi berharap kedatangan ahli manajemen air dari Rotterdam dapat memberikan second opinion mengenai strategi dan kebijakan manajemen air.

Sebab Kota Jakarta tengah menghadapi berbagai permasalahan di antaranya bencana banjir, mengingat 40 persen wilayah Jakarta berada di bawah permukaan laut dan dikelilingi 13 sungai serta adanya penurunan permukaan tanah.

Gubernur menambahkan, setelah penandatangan MoU, akan dilanjutkan dengan mengadakan dialog bersama komunitas tenaga ahli Belanda yang bekerja di Indonesia.

Kemudian Walikota Rotterdam juga akan mengikuti seminar tentang pertahanan kota terhadap banjir. Dalam seminar ini akan diperdalam rencana Pemprov DKI membangun giant sea wall atau tanggul laut raksasa.

Terkait pembangunan giant sea wall di kawasan Jakarta Utara, Pemprov DKI akan melakukan pemetaan atau atlas sebagai tahap awal perencanaan Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS).

sumber: http://www.fauzibowo.com/berita

No comments:

Post a Comment