Saturday, February 5, 2011


DKI Jakarta, banyak yang terlintas di dalam pikiran kita apabila kita mendengar kota metropolitan ini. Dari ibukota negara Republik Indonesia, kota terpadat di Indonesia, megapolitan yang megah, kemacetan kota yang terjadi setiap hari, polusi terbesar dari seluruh wilayah di Indonesia, sampai dengan banjir yang tak terselesaikan. Dalam situs atau blog ini, saya ingin membahas habis-habisan tentang satu problem yang tak berhujung tuntas di Jakarta, 'Jakarta Bebas Banjir' itulah title yang mungkin menjadi seluruh harapan masyarakat Jakarta.

Dari tahun ke tahun, banjir yang terjadi di ibukota tidak pernah ada penghujungnya. Selalu menjadi suatu masalah utama yang tidak terselesaikan. Ditambah lagi kondisi cuaca ektrim yang terjadi nyaris di seluruh belahan dunia. Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, hal seperti ini seharusnya tidak pantas ada. Sebagai kota metropolitan dan pusat pemerintahan Indonesia kondisi banjir seperti ini sungguh sangat memalukan, bukan hanya di depan masyarakat Indonesia sendiri tetapi juga dipandang oleh mata internasional.

Tidak ada yang dapat disalahkan atas terjadinya banjir di Jakarta. Bencana ini terjadi dikarenakan oleh ulah manusia itu sendiri, khususnya masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kita tidak dapat menyalahkan apa yang terjadi di pemerintahan kita, yang harus kita sadari adalah bagaimana kita dapat menjaga kebersihan dan ketertiban dalam membuang sampah dan menjaga keindahan Jakarta. Saya yakin, dengan adanya kesadaran diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, secara otomatis banjir pun akan berkurang.


No comments:

Post a Comment